Skip to content
September 29, 2009 / rinta chos

balikpapan is one hot hot city.

Tiap kali mudik lebaran, people will ask,”Mudik kemana?”
And I’ll answer,”Balikpapan”
Dan sudah bisa dipastikan pertanyaan berikutnya, same question different person every year. “Hah? Balikpapan tuh dimana? Kok lo gak mudik ke Bali?”
Just because my name is I Gusti Ayu Azarine Kyla Arinta, doesn’t mean gue

harus mudik ke Bali kan? Even when my Dad still alive, I rarely go to Bali for Lebaran. Ya secara keluarga gue disana Hindu semua, masa tiba tiba gue kesana, berlebaran, terus makan Babi? Oh yeah, sounds like a perfect idea for Lebaran.

Balikpapan itu ada di Kalimantan Timur.The most developing city in East Borneo, bahkan ibu kotanya sendiri, Samarinda, kalah kemajuannya sama Balikpapan.Banyak pertambangan minyak bumi dan batu bara di Balikpapan, jadi banyak orang2 bule tinggal disini, karena mereka kerja untuk Chevron atau Total.Dan kalo yang orang tuanya kerja di Pertamina atau perminyakan

lainnya pasti familiar sama Balikpapan.I’ve no damn idea kenapa tiba2 semua keluarga nyokap gue bermukim disini.I mean, they’re from South Sulawesi, orang Bugis, tapi tiba tiba punya rumah di Surabaya, ngomong bahasa Jowo dan entah kenapa tiba tiba ada di Balikpapan.Absurd. Nyokap gue 11 bersaudara.Nyokap anak ke3. Semua saudaranya tinggal di Balikpapan kecuali 1 orang yang tinggal di Surabaya, dan 1 lagi yang adalah nyokap gue,

tinggal di Jakarta.Gue punya 24 sepupu.4 lebih tua, dan sisanya lagi lebih muda dari gue.And FYI, they’re all barbarians. Anyway, gue selalu pulang ke Balikpapan tiap lebaran.Kecuali taun lalu, di Surabaya, tapi gue lagi gak di Indonesia, jadi gue belom pernah merasakan lebaran di Surabaya sekalipun. Semua keluarga gue tinggal di Jalan Pupuk Baru, ada 7 rumah tetanggaan.Rumah nomer 3 dulunya rumah gue, tapi keluarga gue keburu

pindah ke Jakarta pas rumahnya selesai dibangun, jadi sekarang rumah ditempatin sama Opa dan Oma gue.And well, my house looks like a botanical garden by now.Karena hobi Opa dan Oma yang senang berkebun. Tradisi lebaran.Malem takbiran semuanya takbiran di rumah Opa dan Oma.Terus dikasi pengumuman bahwa besok sholat Id di lapangan Ace Hardware dan

langsung ke rumah Oma Gal.(Oma Gal ini adeknya Oma gue).
H1 lebaran makan di rumah Oma Gal, makanan Bugis : Buras, bagi bagi THR, foto foto, terus balik ke markas besar di Pupuk.Di Pupuk salam salaman, mulai dari anak nomer 1 dan pasangan sampe dengan anak nomer 11 dan pasangan, dilanjutkan dengan sepupu sepupu dari yang paling tua sampe muda.Terus my favorite part : BAGI BAGI THR!

H2 pasti di tempatnya Tante Indah, anak nomer 7.Dan ini hari yang paling gue nanti, karena makanan tiap Tante Indah dan Om Trisno open house pasti superb! Gue sukses makan 5 piring kambing guling.So sorry gue rakus, tapi gue suka banget kambing guling dan tenang aja, gue istirahat tiap 2 piring kok. Setelah H1 dan H2 selesai. Kakak kakak which are Kak Vika, Kak Mita, Kak Ines pasti akan ngajak gue, Dhea, Mas Dicky, Yubi, Iqbal, Irfan, dan Fian

jalan jalan. Kenapa Cuma kita kita aja? Karena kita sudah selesai dari masa piyik, we’re teenagers wekekek, dan kita gak mau jalan sama anak anak piyik karena bikin repot. Gue lupa hari apa, tapi kita makan di Beach House.Love the place so much, di pinggir pantai dan suasanya rimbun, sayang sekali harga makanan dan minuman setaraf dengan Segarra Ancol, jadi gue males deh belinya kalo gak sama nyokap(sebenernya sih pelit dan gak mau

rugi).Dan sayang sekali kamar mandinya jelekan.Btw, harus nyobain Noodle Cheese nya, agak bikin eneg tapi enaaaak banget. Spaghetti Bolognaise nya standard banget nget nget, minumannya juga gak ada yang enak enak amat. Setelah Beach House kita ke daerah Gunung Dubbs, melihat pemandangan Balikpapan dari atas. Terus kita juga jalan jalan ke rumah gue yang pertama

kali. Terus ada pohon yang katanya Kak Vika tempat ari ari gue dikubur.When I was a kid, everything looked so much bigger, tapi sekarang rasanya biasa aja.Bahkan menara air yg depan rumah juga gak setinggi dulu. Tiap kali ke Balikpapan, pasti gue makan kayak babi ngamuk.Sehari bisa makan lebih dari 5 kali.Kemaren aja nih pas jalan jalan ke Kariangau, gue makan bakso kampung 3 mangkok. Terus makan soto banjar 2 piring.Pas pergi sama

Nyokap, Kak Mita, Kak Vika, gue makan Classic Cheese Burger di Beach House(Bun nya GEDE SEALAIHIM GAMBRENG), terus abis itu makan Mie Ayam di Depot Bakso Sapi.Btw Mie Ayam di Depot Bakso Sapi itu makanan kesukaan gue di Balikpapan(extremely recommended). Harganya cuma 12 Ribu tapi rasanya seperti surgaaaaaa.Sayangnya, gue gak

kesampean makan Burger Chevron dan Kepiting Kenari… :-((

Keluarga besar sempat nginep di hotel namanya Kariangau, letaknya di hutan hutan, deket pelabuhan Ferri yang menghubungkan Balikpapan dgn Balikpapan seberang.Hotel bullshit.Masa yak an di sewa 10 kamar, eh dia

mati lampu, serem banget lagi tempatnya. Terus karena mati lampu, gue, Mas Dicky, Yubi, Irfan, Iqbal, Rizal, sama Om Bobby dan Tante Ella memutuskan untuk ngambil makanan dan senter dulu di rumah. Eh pas ditengah perjalanan, Iqbal ditelfon dan dibilangin bahwa semua orang itu mau pulang karena mati lampunya gak nyala nyala -__-. Nah tapi gak berapa lama

kemudian, ditelfon lagi, katanya lampunya udah nyala, gak jadi pulang -__-. Yaudah akhirnya balik kesana, terus tengah malem mati lampu lagi -__-. Tempatnya gak asik, tapi berhubung ada kolam renangnya, sepupu sepupu piyik ya seneng seneng aja. Gue kok gak berenang? Sori ya, gue gak mau kena gonnorhea.

Btw.Selama disini, gue sempet ketemu Ulo! Yep, via twitter, gue ketemu Ulo, dan kita ngalor ngidul gak jelas..tadinya mau cari spot bagus buat foto foto,

tapi gada yang bagus bagus amat dan Balikpapan lagi panas banget nget nget (emang tiap hari panas sih), jadi ya setelah ngalor ngidul kita pulang.Oh gue sirik banget sama kamera mamanya Ulo, gak tau Nikon D berapa, tapi it has sweet lens! Mamanya Ulo lagi mau foto Pulau Babi. Setelah Ulo pulang, gue memutuskan ke Pulau Babi lagi, sendirian, I was curious about the island. Berhubung lagi surut, jadi gue bisa jalan jalan ke pulau itu.Foto foto yang gue ambil bisa di liat di postingan gue yang abis ini. Enjoy!

takbiran di rumah opa&oma
itu icang yang paling depan hehe

itu icang yang paling depan hehe

emak gue sungkeman sama emaknya. emaknya emak gue berarti oma gua

emak gue sungkeman sama emaknya. emaknya emak gue berarti oma gua

beach house

beach housedi gunung dubbs

pantai belakang rumah lama

pantai belakang rumah lama

rumah pertamaku <3

rumah pertamaku❤

I have a thing for fireworks just like Derek has a thing for Seattle's ferry boat. Fireworks <3

I have a thing for fireworks just like Derek has a thing for Seattle's ferry boat. Fireworks <3Opa&Oma. big boss. wekekek

2 Comments

Leave a Comment
  1. dinta / Sep 29 2009 9:05 pm

    Wew kayaknya seru banget tuh, jadi ngiri deh hehehe salam kenal yaa🙂

  2. wisan99eni / Oct 18 2009 7:01 pm

    Assalamualaikum wr.wb.

    Aq Anak balikpapan Loh, Rintaa….

    Salam perkenalan Ya….Aq pendatang sich di Balikpapan ini, kerja di salah satu Oil company di Balikpapan, Aq tinggal di Kelurahan Gunung samarinda. Kapan ke Balikpapan Lagi? Kita Bikin acara Ngumpul2 blogger di Melawai atau BSB ^_^
    ada fesbuk?

    e-mailku wisan99eni@gmail.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: