Skip to content
February 22, 2010 / rinta chos

I’m moving back to Blogspot. Check this out : http://azarinekylarinta.blogspot.com

February 8, 2010 / rinta chos

JAWABAN DAN PEMBAHASAN SOAL SEJARAH SIMAK UI KODE 918

SEJARAH. SIMAK UI KODE 918.

  1. B. Seulawah.
    [Pada tanggal 16 Juni 1948, di Aceh Hotel Kutaraja, Presiden Soekarno berhasil membangkitkan patriotisme rakyat Aceh. Gasida (Gabungan Saudagar Daerah Aceh) yang diketuai Djuned Yusuf dan Said Muhammad Alhabsji, berhasil dikumpulkan sumbangan dari rakyat Aceh berupa hasil bumi setara dengan 20 kg emas. Dana tersebut kemudian digunakan untuk membeli pesawat Dakota dan menjadi pesawat angkut pertama yang dimiliki bangsa Indonesia.
    Pesawat Dakota sumbangan dari rakyat Aceh itu kemudian diberi nama Dakota RI-001 Seulawah. Seulawah sendiri berarti “Gunung Emas” sumbangan Aceh. Pesawat Douglas DC-3 ini diproduksi oleh Douglas Aircraft Company tahun 1935. DC-3 “Seulawah” yang memiliki panjang badan 19,66 meter dan rentang sayap 28,96 meter memang berperanan besar dalam sejarah perjuangan bangsa Indonesia]

  2. E. BPUPKI.
    Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia atau ( Dokuritsu Junbi Cosakai atau dilafalkan Dokuritsu Zyunbi Tyoosakai adalah sebuah badan yang dibentuk oleh pemerintah pendudukan balatentara Jepang pada tanggal 29 April 1945 bertepatan dengan hari ulang tahun Kaisar Hirohito. Badan ini dibentuk sebagai upaya mendapatkan dukungan bangsa Indonesia dengan menjanjikan bahwa Jepang akan membantu proses kemerdekaan Indonesia. BPUPKI beranggotakan 63 orang yang diketuai oleh Radjiman Wedyodiningrat dengan wakil ketua Hibangase Yosio (orang Jepang) dan R.P. Soeroso.

  3. E. Revolusi Kaum Bolsyevik. Revolusi Oktober atau Revolusi Bolsyevik. Pada saat itu kaum komunis Rusia, di bawah pimpinan Lenin, merebut kekuasaan dengan sukses di Petograd, ibu kota Rusia kala itu. Mereka menggulingkan pemerintahan nasionalis di bawah pimpinan Alexander Kerensky yang mulai memerintah sejak bulan Februari. Pemerintahan ini diangkat setelah Tsar Nikolas II dari Rusia turun takhta karena dianggap tidak kompeten.Dengan Revolusi Oktober ini, abad ke 20 memasuki era pertama komunisme. Penjelasan lebih lanjut lihat ke Blog berjudul : Faktor Ekstern & Intern yang mempengaruhi pergerakan nasional Indonesia.
  4. E. Semuanya Benar.
    Wujud akulturasi dari masjid kuno seperti yang tampak pada gambar memiliki ciri sebagai berikut: 
  • Atapnya berbentuk tumpang yaitu atap yang bersusun semakin ke atas semakin kecil dari tingkatan paling atas berbentuk limas. Jumlah atapnya ganjil 1, 3 atau 5. Dan biasanya ditambah dengan kemuncak untuk memberi tekanan akan keruncingannya yang disebut dengan Mustaka.
  • Tidak dilengkapi dengan menara, seperti lazimnya bangunan masjid yang ada di luar Indonesia atau yang ada sekarang, tetapi dilengkapi dengan kentongan atau bedug untuk menyerukan adzan atau panggilan sholat. Bedug dan kentongan merupakan budaya asli Indonesia.
  • Letak masjid biasanya dekat dengan istana yaitu sebelah barat alun-alun atau bahkan didirikan di tempat-tempat keramat yaitu di atas bukit atau dekat dengan makam.
  • Upacara Kematian seperti tahlilan dan 40 hari merupakan budaya asli Indonesia yang merupakan akulturasi dari budaya Hindu kuno dengan Islam.

5.C.Teknologi perundagian memerlukan tenaga yang memiliki keahlian khusus. Pada Zaman Perundagian,

  • Manusia telah pandai  membuat alat-alat dari logam dengan keterampilan dan keahlian khusus
  • Teknik pembuatan benda dari logam disebut a cire perdue yaitu, dibuat model cetakannya  dulu dari lilin yang ditutup dengan tanah liat kemudian dipanaskan sehingga lilinya mencair. Setelah itu dituangkan logamnya.
  • Tingkat perekonomian masyarakat telah mencapai kemakmuran
  • Sudah mengenal bersawah
  • Alat-alat yang dihasilkan : kapak corong, nekara,pisau, tajak dan alat pertanian dari logam
  •  Telah mencapai taraf perkembangan sosial ekonomi yang mantap.

     

    6.C.Mengatasi persaingan dengan kerajaan Tidore.

    7.A.Hindia Belanda waktu itu menjadi bagian dari Kekuasaan Prancis.

    8.E.Pernyataan bahwa laut antara pulau-pulau di seluruh perairan Indonesia merupakan wilayah integral RI.
    Deklarasi Djuanda yang dicetuskan pada tanggal 13 Desember 1957oleh Perdana Menteri Indonesia pada saat itu, Djuanda Kartawidjaja, adalah deklarasi yang menyatakan kepada dunia bahwa laut Indonesia adalah termasuk laut sekitar, di antara dan di dalam kepulauan Indonesia menjadi satu kesatuan wilayah NKRI.

    9.D.Masalah penentuan produksi minyak yang ditentukan oleh OPEC.Invasi Irak ke Kuwait disebabkan oleh kemerosotan ekonomi Irak setelah Perang Delapan Tahun dengan 

February 8, 2010 / rinta chos

Faktor Ekstern dan Intern yang mempengaruhi Pergerakan Nasional Indonesia.

1. Faktor Ekstern

Timbulnya pergerakan nasional Indonesia di samping disebabkan oleh kondisi dalam negeri, juga ada faktor yang berasal dari luar (ekstern). Berikut ini faktor-faktor ekstern yang memberi dorongan dan energi terhadap lahirnya pergerakan nasional di Indonesia.

a. Kemenangan Jepang atas Rusia

Selama ini sudah menjadi suatu anggapan umum jika keperkasaan Eropa (bangsa kulit putih) menjadi simbol superioritas atas bangsa-bangsa lain dari kelompok kulit berwarna. Hal itu ternyata bukan suatu kenyataan sejarah. Perjalanan sejarah dunia menunjukkan bahwa ketika pada tahun 1904-1905 terjadi peperangan antara Jepang melawan Rusia, ternyata yang keluar sebagai pemenang dalam peperangan itu adalah Jepang. Hal ini memberikan semangat juang terhadap para pelopor pergerakan nasional di Indonesia.

b . Partai Kongres India
Dalam melawan Inggris di India, kaum pergerakan nasional di India membentuk All India National Congress (Partai Kongres India), atas inisiatif seorang Inggris Allan Octavian Hume pada tahun 1885. Di bawah kepemimpinan Mahatma Gandhi, partai ini kemudian menetapkan garis perjuangan yang meliputi Swadesi, Ahimsa, Satyagraha, dan Hartal. Keempat ajaran Ghandi ini, terutama Satyagraha mengandung makna yang memberi banyak inspirasi terhadap perjuangan di Indonesia.

c . Filipina di bawah Jose Rizal
Filipina merupakan jajahan Spanyol yang berlangsung sejak 1571 – 1898. Dalam perjalanan sejarah Filipina muncul sosok tokoh yang bernama Jose Rizal yang merintis pergerakan nasional dengan mendirikan Liga Filipina. Pada tahun 1892 Jose Rizal melakukan perlawanan bawah tanah terhadap penindasan Spanyol. Tujuan yang ingin dicapai adalah bagaimana membangkitkan nasionalisme Filipina dalam menghadapi penjajahan Spanyol. Dalam perjuangannya Jose Rizal dihukum mati pada tanggal 30 Desember 1896, setelah gagal dalam pemberontakan Katipunan. Sikap patriotisme dan nasionalisme yang ditunjukkan Jose Rizal membangkitkan semangat rela berkorban dan cinta tanah air bagi para cendekiawan di Indonesia.

d . Gerakan Nasionalisme Cina
Dinasti Manchu (Dinasti Ching) memerintah di Cina sejak tahun 1644 sampai 1912. Dinasti ini dianggap dinasti asing oleh bangsa Cina karena dinasti ini bukan keturunan bangsa Cina. Masuknya pengaruh Barat menyebabkan munculnya gerakan rakyat yang menuduh bahwa Dinasti Manchu sudah lemah dan bekerja sama dengan imperialis Barat. Oleh karena itu muncul gerakan rakyat Cina untuk menentang penguasa asing yaitu para imperialis Barat dan Dinansti Manchu yang juga dianggap penguasa asing. Munculnya gerakan nasionalisme Cina diawali dengan terjadinya pemberontakan Tai Ping (1850 – 1864) dan kemudian disusul oleh pemberontakan Boxer. Gerakan ini ternyata berimbas semangatnya di tanah air Indonesia.

e . Gerakan Turki Muda
Gerakan nasionalisme di Turki pada tahun 1908 dipimpin oleh Mustafa Kemal Pasha. Gerakannya dinamakan Gerakan Turki Muda. Ia menuntut adanya pembaruan dan modernisasi di segala sektor kehidupan masyarakatnya. Gerakan Turki Muda memberikan pengaruh politis bagi pergerakan bangsa Indonesia sebab mengarah pada pembaruan-pembaruan dan modernisasi.

 

2. Faktor Intern

a. Sejarah Masa Lampau yang Gemilang
Indonesia sebagai bangsa telah mengalami zaman nasional pada masa kebesaran Majapahit dan Sriwijaya. Kedua kerajaan tersebut, terutama Majapahit memainkan peranan sebagai negara nasional yang wilayahnya meliputi hampir seluruh Nusantara. Kebesaran ini membawa pikiran dan angan-angan bangsa Indonesia untuk senantiasa dapat menikmati kebesaran itu. Hal ini dapat menggugah perasaan nasionalisme golongan terpelajar pada dekade awal abad XX.

b . Penderitaan Rakyat Akibat Penjajahan

Bangsa Indonesia mengalami masa penjajahan yang panjang dan menyakitkan sejak masa Portugis. Politik devide et impera, monopoli perdagangan, sistem tanam paksa, dan kerja rodi merupakan bencana bagi rakyat Indonesia. Penderitaan itu menjadikan rakyat Indonesia muncul kesadaran nasionalnya dan mulai memahami perlunya menggalang persatuan. Atas prakarsa para kaum intelektual, persatuan itu dapat diwujudkan dalam bentuk perjuangan yang bersifat modern. Perjuangan tidak lagi menggunakan kekuatan senjata tetapi dengan menggunakan organisasi-organisasi pemuda.

c . Pengaruh Perkembangan Pendidikan Barat di Indonesia
Perkembangan sistem pendidikan pada masa Hindia Belanda tidak dapat dipisahkan dari politik etis. Ini berarti bahwa terjadinya perubahan di negeri jajahan (Indonesia) banyak dipengaruhi oleh keadaan yang terjadi di negeri Belanda. Tekanan datang dari Partai Sosial Demokrat yang di dalamnya ada van Deventer. Pada tahun 1899, Mr. Courad Theodore van Deventer melancarkan kritikan-kritikan yang tajam terhadap pemerintah penjajahan Belanda. Kritikan itu ditulis dan dimuat dalam jurnal Belanda, de Gids dengan judul Een eereschuld yang berarti hutang budi atau hutang kehormatan. Dalam tulisan tersebut dijelaskan bahwa kekosongan kas negeri Belanda telah dapat diisi kembali berkat pengorbanan orang-orang Indonesia. Oleh karena itu, Belanda telah berhutang budi kepada rakyat Indonesia. Untuk itu harus dibayar dengan peningkatan kesejahteraan melalui gagasannya yang dikenal dengan Trilogi van Deventer. Apakah kalian masih ingat dengan isi Trilogi van Deventer? Politik yang diperjuangkan dalam rangka mengadakan kesejahteraan rakyat dikenal dengan nama politik etis. Untuk mendukung pelaksanaan politik etis, pemerintah Belanda mencanangkan Politik Asosiasi dengan semboyan unifikasi. Politik Asosiasi berkaitan dengan sikap damai dan menciptakan hubungan harmonis antara Barat (Belanda) dan Timur (rakyat pribumi). Dalam bidang pendidikan, tujuan Belanda semula adalah untuk mendapatkan tenaga kerja atau pegawai murahan dan mandor-mandor yang dapat membaca dengan gaji yang murah. Untuk kepentingan tersebut Belanda mendirikan sekolah-sekolah untuk rakyat pribumi. Dengan demikian, jelaslah bahwa pelaksanaan politik etis tidak terlepas dari kepentingan pemerintah Belanda. Sistem pengajaran kolonial dibagi dalam dua jenis yaitu pengajaran pendidikan umum dan pengajaran kejuruan. Keduanya diselenggarakan untuk tingkat menengah ke atas. Berikut ini contoh-contoh sekolah yang didirikan pada zaman kolonial Belanda. Lihat tabel 5.1.



Tabel 5.1 Pendidikan yang Berkembang Pada Masa Kolonial

d . Pengaruh Perkembangan Pendidikan Islam di Indonesia
Perkembangan pendidikan di Indonesia juga banyak diwarnai oleh pendidikan yang dikelola umat Islam. Ada tiga macam jenis pendidikan Islam di Indonesia yaitu pendidikan di surau atau langgar, pesantren, dan madrasah. Walaupun dasar pendidikan dan pengajarannya berlandaskan ilmu pengetahuan agama Islam, mata pelajaran umum lainnya juga mulai disentuh. Usaha pemerintah kolonial Belanda untuk memecah belah dan Kristenisasi tidak mampu meruntuhkan moral dan iman para santri. Tokoh-tokoh pergerakan nasional dan pejuang muslim pun bermunculan dari lingkungan ini. Banyak dari mereka menjadi penggerak dan tulang punggung perjuangan kemerdekaan. Rakyat Indonesia yang mayoritas adalah kaum muslim ternyata merupakan salah satu unsur penting untuk menumbuhkan semangat nasionalisme Indonesia. Para pemimpin nasional yang bercorak Islam akan sangat mudah untuk memobilisasi kekuatan Islam dalam membangun kekuatan bangsa.

e . Pengaruh Perkembangan Pendidikan Kebangsaan di Indonesia
Berkembangnya sistem pendidikan Barat melahirkan golongan terpelajar. Adanya diskriminasi dalam pendidikan kolonial dan tidak adanya kesempatan bagi penduduk pribumi untuk mengenyam pendidikan, mendorong kaum terpelajar untuk mendirikan sekolah untuk kaum pribumi. Sekolah ini juga dikenal sebagai sekolah kebangsaan sebab bertujuan untuk menanamkan rasa nasionalisme di kalangan rakyat dan mencetak generasi penerus yang terpelajar dan sadar akan nasib bangsanya. Selain itu sekolah tersebut terbuka bagi semua masyarakat pribumi dan tidak membedakan dari kalangan mana pun. Tokoh-tokoh pribumi yang mendirikan sekolah kebangsaan antara lain Ki Hajar Dewantara mendirikan Taman Siswa, Douwes Dekker mendirikan Ksatrian School, dan Moh. Syafei mendirikan perguruan Indonesische Nederlandsche School Kayu Tanam (INS Kayu Tanam). 

 

SUMBER : http://www.crayonpedia.org


 

January 27, 2010 / rinta chos

kenapa saya di rumah dan bukan nya di sekolah?

Sekarang sudah bulan Januari, 3 bulan lagi menuju ujian masuk Universitas Indonesia dan kurang lebih 2 bulan lagi menuju USM ITB.

SIMAK UI dan USM ITB bisa dibilang prioritas utama kebanyakan anak kelas 3 sekarang. Tingkat kesusahannya mau gak mau membuat anak anak kelas 3 memforsir otak dan berusaha keras dengan cara mengikuti bimbingan bimbingan belajar atau simply stay at home dan belajar mandiri dengan cara mengerjakan soal soal ujian masuk.

Sekolah menuntut anaknya untuk masuk tiap hari mulai dari Senin sampai Jumat. Mulai dari jam 6.30 sampai 3.15 , tapi apa yang didapat para murid di sekolah?

Saya jawab dari cara pandang dan pengalaman saya sendiri.

Saya murid kelas XII IPS, SMA Negeri 8 Jakarta. Saya merasa sekolah berarti cuma hari Senin dan Selasa karena ada pelajaran Matematika. 3 hari selebihnya? Di sekolah saya cuma numpang makan di kantin, ngobrol di kelas, sholat di mesjid, atau tidur di kelas atau mesjid. Kenapa begitu? Memangnya tidak ada guru dan pelajaran? Ada, tentu saja ada tapi saya merasakan keberadaan guru dan pelajaran di sekolah tidak membantu saya mencapai prioritas utama saya : masuk perguruan tinggi negeri (UI). Di sekolah di fokuskan pada UAN. Bukan nya tidak peduli pada UAN, saya peduli, tapi UAN bisa dipelajari dengan membeli buku buku seharga 30-60 ribuan yang tersedia di toko buku.

Selain itu saya tidak merasa ada perlunya mempelajari hal hal yang tidak akan di SIMAK kan. Seperti hmmm senam irama? hal hal tidak perlu seperti itu menyita waktu saya, waktu saya yang tinggal sangat sedikit. Waktu sangat berharga sekarang, saya ingin memanfaatkannya sebaik mungkin. I want to spend every second and minute for study.

Maaf ya sekolah, bukannya apa apa, tapi saya memang lebih produktif di rumah, lebih menyerap banyak ilmu di rumah. Di sekolah banyak distraksi,

Kalaupun saya sekolah cuma karena ingin main main sama teman dan ngobrol ngobrol. Tak ada ilmu yang saya serap. Ilmu yang saya serap saya dapatkan dari diri saya sendiri yang mencuri curi mengerjakan soal di sela sela pelajaran yang luar biasa membosankan di sekolah.

Catatan pelajar yang muak akan sekolah. 27 Januari 2010.

January 17, 2010 / rinta chos

bingung

Bingung? Iya bingung setengah mati, pusing, gak jelas.
Besok itu tanggal 18 Januari 2010, pendaftaran SIMAK UI resmi dibuka. Gue cuma punya dua pilihan, 2 jurusan di reguler. Karena gue gak mau ambil paralel dan vokasi.
Gue gak daftar PTS, gak daftar PTN lain, bener bener UI atau MATI. Gue gak pengen mati, masa gue udah ngulang setahun masih tetep mati? Sia sia dong?
Gue kehilangan kepositifan dan keoptimisan gue. I used to be very optimistic, I never ever look on the cloudy side, I used to think that everything’s going to be alright, if I want something then I’ll eventually get it. Tp skrg gue lagi gak bisa mikir gitu? Aura negatif lg mengelilingi gue, gue sedang jd pesimis.

gue aja pesimis sm pilihan jurusan gue. Pertamanya I’m sure as hell gue bakal milih HI dan Hukum. Terus gue kebanyakan nonton berita, isinya tentang Bank Century, Artalyta, penjara, KPK, dll, lalu passion dan desire gue untuk politik langsung lenyap.. Gue gak mau jadi bagian dari busuknya hukum dan pemerintah Indonesia. Terus orang bilang ke gue : Justru itu, lo masuk untuk memperbaikinya!
Perbaikin? Korupsi di Indonesia tuh udah dari akarnya, udh dr kades kades kelurahan, dr hal hal kecil, pada kenyataannya org org jujur dan idealis di panggung politik Indonesia bakalan di singkirkan dan di asingkan, yg menang di Indonesia itu uang dan materi. Ya kalo mau jujur selamat hidup menderita tanpa uang dan support orang orang. Intinya? Gue muak sama Hukum. Gue emang tertarik, tertarik bgt, sama pelajarannya, sama prospek ke depannya.
Terus hal yang lain adalah semua org pilih Hukum jd pilihan kedua.. I hate overrated stuff. It might sounds juvenile, tp itu kenyataan nya, gue emg orangnya gitu.
Maap ye.

Pas sholat istikharah pertama gue sepertinya diberi petunjuk buat ambil HI dan Hukum. Tp sekarang gue ragu ragu lagi, jadi gue sholat lagi, gue akan terus sholat istikharah sampe gue yakin bgt sm jurusan apa yg gue ambil.

Mungkin org2 mikir kenapa gak ambil jurusan prospektif? Di Indonesia di negaraku tercinta ini jurusan prospektif = EKONOMI. Tapi apa prospektifnya buat gue kalo gue gak suka sm ekonomi? Menurut gue semua jurusan itu prospektif.Jurusan prospektif bukan cuma jurusan yg bisa menghasilkan duit. Jurusan Sastra Jawa pun bs prospektif asal orangnya SERIUS dan TEKUN.
Dua hal yg tidak gue punyai. Gue gede di niat doang, tp males, tipikal anak anak jaman sekarang. Niat gede, ngomong koar koar gede, pelaksanannya kaleng rombeng.

BINGUNG KAN. Gue aja bingung nulis apa.

Cuma Allah yang bisa bantu gue sekarang, karena Allah yang tau yang terbaik buat gue kedepannya.
Kita liat Mei nanti gue akan keterima jurusan apa. (AMIN KETERIMA)

January 2, 2010 / rinta chos

#2009

hashtags ini sempet jadi trending topic di Twitter. Banyak banget yang pengen gue tulis, but I dont want to trash people’s timeline, lalu dihujat. Twitter’s not a blog anyway.

So #2009. My year has passed, so many things were done, so many memories, I had hellos and goodbyes, I met new people, I left a lot of people. It’s quite a good year *except the fact that I didnt graduate along with my class of 2009. Thank you everyone for being a part of my 2009, I love you all and let’s have a great year in 2010.

Here’s top 25 most played songs during 2009.
Creep by Radiohead
Decode by Paramore
Ain’t no Sunshine by Lighthouse Family
Mad World by Gary Jules
Fix You, Lost, Politik, Warning Signs,  The Scientist, In my Place, Green Eyes, Clocks, Don’t Panic, Violet Hill by Coldplay
Brighter than Sunshine by Aqualung
Shine by The Morning Of
Stolen by Dashboard Confessional
Please don’t tell her, Mr.Curiousity, Geek in the pink by Jason Mraz
Fences, Lisztomania by Phoenix
I will follow you into the dark, Soul meets body by Death Cab for Cutie
and Young Folks by The Kooks.

the songs selection tells a lot actually. Each song represents the moment I had in 2009.Each songs recalls a memorable moment in 2009.

I spent my time from January to June in Utah, United States of America.
First time skiing, Las Vegas, Southern Utah, Track&Field, Greeny with his green eyes and braces 🙂 , Utah’s airport, Chicago, Nacel Open Door 17 once again, the Reorientation, Graduation, Prom and After Prom, First day at school, SNMPTN’s result, Middle Semester test result, Report card, IPS 2010, Inten.


Ya semacem inilah grafik hidup gue di 2009.

I reached the highest peak, the euphoria di Bulan Juni dan Juli. Gue baru pulang, orang orang pada liburan jadi gue bisa jalan jalan terus, gue masih banyak duit, terus gue bisa ikutin semua acara 8 2009. Walaupun gue udah masuk sekolah tapi gue gak peduli, gue main aja terus, harapan gue masih tinggi untuk dapetin SNMPTN, bisa satu kuliah sm temen temen gue di UI.

Tapi kemudian, I reached the lowest peak, the honeymoon season ended. Gue gagal SNMPTN dan gue harus balik ke realita, gue harus ngulang lagi ke SMA Negeri 8, ketemu orang orang baru lagi di kelas baru, adaptasi lagi, membiasakan diri sekolah tanpa ada orang yang gue kenal. Sumpah yang namanya males tuh males bangettttt, tapi gue harus survive selama setahun kan? It’s just another year I have to survive, masa gue survive 10 bulan di luar tapi di negeri sendiri kagak bisa? ye gak?

Alhamdulillah lama lama grafik gue naik, thanks to IPS 2010. Terima kasih udah baik sama gue ya, udah bisa bikin gue nyaman di kelas, dan akhirnya gue bisa lagi ngerasa “Anjing, gue pengen masuk sekolah nih, kangen sekolah”. And it only takes me 2 months to feel that way. Thanks God, lagi lagi I’m lucky.

Most memorable moment of 2009.

1. Skiing. Akhirnya bisa maen Ski, gak cuma liat di majalah. It’s the greatest sport, ever!
2.Las Vegas trip. It’s Vegas, the real Vegas.
3. Track&Field season. I met the greatest friend here. Thanks for the great season, Jer, Cate, Courtney, Phil, Myla, Ashley, Victoria 🙂
4.Going home, Chicago, Re-Orientation, Nacel Open Door 17. I’m beyond happy when I finally met these guys after 10 months separation. They’re all look happy, we got a bunch of stories to tell, we slightly change in a good way, we’re filled with experiences, we’re a great people, we survived. Anak anak NOD17 adalah my #bestof2008, we’re not just a team, we’re a family. Oke mungkin lebay, tapi waktu gue masih di sana, gue ngerasa banget kalo mereka ini satu satunya keluarga yang gue punya di sana. Kita experienced the same thing and condition, being a minority itu bikin lo glued to each other. Let’s have a reunion later, Nacel Over Dosis, my Brur 🙂
4.Graduation, Prom, After Prom, IPS 2009, 8 2009. I miss these guys so much, gue melewatkan banyak hal dengan mereka, jadi sebisa mungkin gue pengen menghabiskan banyak waktu sama mereka sebelom akhirnya gue sibuk sekolah dan mereka sibuk kuliah. “everyone’s leaving I’m still with you”
5.IPS 2010. Gile, kelas gila, orang orang gila, mari belajar gila gilaan. They’re my current favorite crowds. This is your year, let’s rock it out, and bring me along with you and help me to rock it out too.
6.Kafka. Akhirnya gue punya DSLR. I’m beyond happy.
7.Mr. ZD 🙂 I like you and I like that day, I like September 3rd 2009, I like every bit of you. Thanks for being there and not being fussy and cheesy.

Gue bingung mau nulis apalagi. Have a great 2010, readers. 🙂

December 22, 2009 / rinta chos

classic